Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Konkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Suparmiyati Suparmiyati(1*), Muh. Faisal(2), Heriyanti Alamsyah(3),

(1) SDN Sembungan Lendah Kulon Progo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Kassi-Kassi
(*) Corresponding Author



Abstract


Meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar Tematik di kelas melalui model Problem Based Learning dengan berbantuan media konkrit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sembungan Lendah Kulon Progo dengan jumlah sampel 16 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Ada dua siklus pada penelitian ini, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase motivasi dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 50%, pada siklus I sebesar 71,%, sedangkan pada siklus II sebesar 87%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tindakan sebesar 60, siklus I sebesar 68, sedangkan pada siklus II sebesar 85. Begitu juga motivasi siswa dari siklus I juga mengalami kenaikan pada siklus II. Dari siklus I rata-rata indikator motivasi 73% pada siklus II menjadi 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantukan media konkrit dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 

Kata Kunci: Motivasi; Hasil Belajar, Problem Based Learning; Media Konkrit.


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tegeh, I Made. 2015. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Triyana, I Nyoman. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Gugus IV Tampaksiring Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan PGSD, FIP Undiksha.


Article Metrics

Abstract view : 92 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats