Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Inpres 5/81 Latonro.

Hasmiati Hasmiati(1*), Muh Faisal(2), Abdul Muhsin(3),

(1) UPT SD Inpres 5/81 Latonro
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Kakatua
(*) Corresponding Author



Abstract


Peningkatan hasil belajar  pada tema tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas II  UPT SD Inpres 5/81 Latonro dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 1 Hidup Rukun. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 41,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Tema pada siswa kelas II Semester I di UPT SD Inpres 5/81 Latonro Kecamatan Cenrana tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Akinoglu, O.,& Tandogan, O.R, 2006. The Effect of Problem Based Learning in Science Education Student’s Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science &Technology Education, 3 (1): 71-81.

Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Ariana,Yoki, MT dkk. 2019.Buku Pegangan Pembelajaran Berorientsi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fauziah, D. N. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (1). 103-109.

Fauzia, HA.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/5338/5006

Lisbiyaningrum, I., dkk. (2019). Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Elementary School. 6(2). 161-168, https://journal.upy.ac.id/index.php/es/search/authors/view?firstName=Ika%20Lisbiyaningrum%2C&middleName=Wulandari%2C&lastName=Wahyudi&affiliation=UKSW&country=ID

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Seng, O.T. 2003. Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21𝑠𝑡 Century. Singapore: Thompson Learning.

Wikipedia. 2016. Kurikulum 2013. https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_2013


Article Metrics

Abstract view : 516 times | PDF view : 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats