Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V

Hermawati Hermawati(1*), Muhammad Faisal(2), Fatmawaty Fatmawaty(3),

(1) SD NEGERI 33 SOLIE
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya gairah dan keaktifan siswa didalam belajar pada saat proses pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu, penulis melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik dalam belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dikelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 33 Solie yang berjumlah 9 orang siswa. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data.Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari tiap siklus.Kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Melihat hasil observasi yang telah dilakukan maka pengunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SDN 33 Solie. 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Amir, M.Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui PBL: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di era Pengetahuan.Jakarta, Prenata Media Group.

Iswadi. 2014. Teori Belajar. Bogor: In Media

Kadir, Abdul.2012. Dasar- dasar Pendidikan. Jakarta: Prenata Media Group.

Kemendikbud .2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 .Jakarta: PSDMPK.PMP.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi atau Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.2006.Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Rusmino.2012. Starategi Pembelajarab dengan Problem Based Learning Itu Perlu .Bogor: Ghalia Indonesia

Sardiman, A.m. 2007.Interaksi dan motivasi Belajar mengajar .Jakarta: Rajawali Pers.

Kusuma yanti yendri.2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model PBL Di kelas III SD. DOI:https://dio.org/10.31004/ Bacicedu” 4i4.753


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats