Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VI UPT SDN 8 Kassikebo

Rosdianah Rosdianah(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Muh. Hamka(3),

(1) UPT SDN 8 KASSIKEBO
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Tidung
(*) Corresponding Author



Abstract


Penerapan metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI UPT SDN 8 Kassikebo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI UPT SDN 8 Kassikebo Kabupaten Pangkep pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 11 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 62 dan nilai tertinggi 75 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 68 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 45,4% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 81,8%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Kata kunci: Discovery Learning; Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56.

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. (Suryani, Ed.) (2nd ed). Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto, Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah. Dkk., 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Hanafiah, N. (2012). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Iin Puji Rahayu (2019) Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193-200.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press.

Peraturan Pemerintah Repblik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 19 (Yogyakarta: Pustaka Yustisia, 2013), h. 161.

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–107.

Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan profesionalitas guru. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2014). Metode Statistika. Bandung: Tarsido.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 781 times | PDF view : 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats