Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Wonolopo 02

Patria Sumardi(1*), Hamzah Pagarra(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) SDN WONOLOPO 02
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan Toddopulli Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan merupakan program yang dilaksanakan mahasiswa Pendidikan Profesional Guru Universitas Negeri Makassar dengan harapan mahasiswa dapat melakukan penelitian tindakan kelas dalam kondisi pandemi covid-19 yang membatasi pertemuan dengan peserta didik. Menciptakan pembelajaran aktif merupakan usaha guru menciptakan pembelajaran agar peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran dalam bentuk interaksi antar teman maupun dengan guru. Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berperan aktif didalam kelompok. Kegiatan pembelajaran memanfaatkan media pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik lebih antusias dan dalam belajar dikarenakan dapat meningkatkan rasa keingtahuan peserta didik. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan menerapkan PBL untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar kognitif dan keterampilan peserta didik. Subjek penelitian peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Wonolopo 02 yang berjumlah 12 anak. Hasil belajar kogntif pada akhir penelitian menunjukkan pada siklus kedua terdapat peningkatan hasil belajar yang ditandai dengan tercapainya nilai rata – rata kelas mencapai nilai ketuntasan. Hasil penelitian membuktikan bahwa Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik memahami dan mengatur kegiatan belajarnya dengan lebih baik sehingga keaktifan belajar dan keterampilan meningkat.

Kata kunci: Keaktifan Belajar; Problem Based Learning; Pendidikan Profesional Guru


Full Text:

PDF

References


Amir, T.M, (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Annisa, Shofiyul.(2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Tipe Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Imam Bonjol Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.

Ariana,Yoki. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepmendikbud nomor 719 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kurikulum pada satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Jakarta: Badan Nasional Pendidikan

Permendikbud nomor 37 tahun 2018 tentang KI dan KD. Jakarta: Badan Nasional Pendidikan

Rahmadani.(2019).Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Darusslam, Aceh Besar, Aceh

Seng, O.T. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21𝑠𝑡 Century. Singapore: Thompson Learning.


Article Metrics

Abstract view : 266 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats