Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Problem Based Learning di Kelas VI SD Negeri Cibubur 03

Tri Wahyu Sejati(1*), Ila Israwati(2), Asriani Arifuddin(3),

(1) SDN Cibubur 03
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 373 LAELO Kec.Tempe
(*) Corresponding Author



Abstract


Peningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas VI C SDN Cibubur 03 Jakarta Timur. Rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton. Dalam pembelajaran ini peserta didik kurang aktif bertanya ketika pembelajaran berlangsung via zoom meeting, sehingga kemapuan peserta didik sangat kurang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I presentasi hasil belajar peserta didik mencapai 35,48% dari 31 peserta didik mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimum. Siklus II hasil belajar meningkat menjadi 93,54% mencapai kriteria ketuntasan minimum. Implikasi hasil penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi magnet di kelas VI C SDN Cibubur 03 Jakarta Timur. 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Puskur, Balitbang Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Amir, T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadiyanti, R. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi UNPAS Bandung: Tidak Diterbitkan.

Kemendikbud, (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Pamungkas, A. D., dkk. (2018). Peningkatan Inquiry Learning Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud (2013). Permendikbud Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional: Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats