Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bambamone

Muhammad Yusuf(1*), Zaid Zainal(2), Yusmira Yusmira(3),

(1) SDN BAMBAMONE
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Paccinang
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN Bambamone Kecamatan Pasangkayu. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh penerapan metode pembelajaran yang konvensional dan sifat individual siswa yang mengakibatkan pembelajaran hanya berjalan satu arah.Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut.Penelitian ini diadakan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Metode penelitan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Bambamone Kecamatan Pasangkayu.Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN Bambamone Kecamatan Pasangkayu meningkat hasil belajarnya.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Bambamone Kecamatan Pasangkayu. 

Kata kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Rasto & Pradana. 2021. Problem Based Learning VS Sains Teknologi (Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa). Indramayu: Penerbit Adab.

Eggen, dkk. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Adistana, Gede Agus YP. 2016. Pengaruh Blended Learning-Station Rotation (Kooperatif VS Kompetitif) dan Gaya Kognitif, Terhadap Keterampilan Intelektual Manajemen Konstruksi. Jurnal Disertasi dan Tesis Program Pascasarnaja UM.

Rahayu, Dkk. 2019. Mengembangkan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Pembelajaran Berdasar Masalah. JVTE: Journal Of Vocational and Technical Education Volume 01, : 1-6.

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada Group.

Asriningtyas, Nandhita, & Anugraheni. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32

Asri, Budiningsih, C.2008. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. BSNP.2006. Buku Panduan Penyusunan KTSP, Jakarta: BSNP.

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20

Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan, 43(2),134-143

Bungel,M.F.(2014).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu Pada Materi Prisma. Jurnal Elektronika Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1),47-53.

Dayeni, Fitri, Sri Irawati, And Yennita Yennita. 2017. “Upaya Meningkatkan MotVasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 1 (1): 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35.

Dimyati dan Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, Sari, Sumarmi Sumarmi, And Ach Amirudin. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sdn Tangkil 01 Wlingi.” Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (3): 281–88.

Duch. 1995. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Sejarah Indonesia.

Hanifah,N.(2016).Memahami Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:UPIPress.

Huda, Miftahul.(2013). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7 (3), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261

Kunandar.(2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem based learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2), 171 – 182.Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/212

Rusman, 2012.Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman, 2008.Motivasi dalam pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada

Suari, Ni, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Sudjana, N. 2008..Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman,M.U.(2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Warsono,H.&.(2014).Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract view : 356 times | PDF view : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats