Peningkatan Belajar IPS Tema Ekosistem Melalui Strategi Learning Cycle Kelas V SDN Ngrancang I
(1) SDN Ngrancang I Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 373 Laelo
(*) Corresponding Author
Abstract
Rendahnya prestasi belajar siswa kelas V SDN Ngrancang I pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan siswa pasif saat pembelajaran berlangsung serta guru lebih banyak menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan sedangkan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi saat pembelajaran dan evaluasi hasil belajar dalam bentuk tes essay di akhir pembelajaran. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Ngrancang I melalui metode Learning Cycle Berbantuan Media Gambar yang di tandai dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa. Prosentase siswa yang tuntas dalam belajar hanya 43,75% dan setelah adanya tindakan pada siklus I meningkat menjadi 71,88% pada siklus II mengalami peningkatan lagi 90,625%. Begitu juga dengan kreativitas siswa yang ditandai dengan meningkatnya tingkat flesibilitas berfikir siswa, panjang akal, berani berpendapat, rasa ingint tahu yang cukup besar. Pembelajaran disajikan dalam bentuk diskusi kelompok dan soal evaluasi. Saran tindak lanjut bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya siswa ikut terlibat aktif serta guru harus lebih kreatif dalam menyajikan metode pembelajaran yang menarik.
Kata Kunci: Prestasi Belajar; Aktivitas Siswa; Learning Cycle; Media Gambar.
Full Text:
PDFReferences
Anni, Catharina, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES. Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineksa Cipta.
Abdussalam,2005. Mengembangkan Kreatifitas Anak. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.
Daryanto.201 1. Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media
februari 2011).
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Balai Pustaka.
Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nana Sudjana.2005 .Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA.
Prabawati, Ari.2010. Pas Mengolah Data Statistic Hasil Penelitian Dengan Spss 17. Semarang:Wahana.
Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang Stamdar proses. 2007. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Rusyan, T.A. (1993). Pedoman Mengajar Pengetahuan Sosial Untuk SD. Jakarta: Universitas terbuka.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subroto dkk.2007. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: PT Glora Aksara Pratama
Article Metrics
Abstract view : 113 times | PDF view : 35 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats