Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDN Bunton 02
(1) SD Negeri Bunton 02
(2) Univertitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author
Abstract
Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran luring. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model spiral dari C. Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tema 5 Pahlawanku. Kemudian hasil belajar peserta didik dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar peserta didik 66,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar pada peserta didik kelas IV Semester I di SD Negeri Bunton 02 tahun pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Motivasi Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Abdulloh, R. S. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765
Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765
Dewi, Sari, Sumarmi Sumarmi, And Ach Amirudin. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas III Sdn Tangkil 01 Wlingi.” Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (3): 281–88.
Dhita Fitriani, Nurwidodo, Elok Catur Wilujeng. 2019. “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 3 (1): 208–13. Frianto, Okta, Stefanus C Relmasira, And Agustina Tyas Asri Hardini. 2018.
Isman. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Jamil, S. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444
Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan Sd Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31 – 48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35
Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., & Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001
Şendaǧ, S., & Ferhan Odabaşi, H. (2009). Effects of an online problem based learning course on content knowledge acquisition and critical thinking skills. Computers and Education, 53(1), 132–141. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.01.008
Ulinnuha, R., Budi Waluya, S., & Rochmad, R. (2021). Creative Thinking Ability With Open-Ended Problems Based on Self-Efficacy in Gnomio Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(A), 20–25. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/34277
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Wyness, L., & Dalton, F. (2018). The value of problem-based learning in learning for sustainability: Undergraduate accounting student perspectives. Journal of Accounting Education, 45, 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2018.09.001
Article Metrics
Abstract view : 99 times | PDF view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats