Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sd Negeri 65 Bua

Vera Sandra Supit(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Alphian Syahruddin(3),

(1) SD NEGERI 65 BUA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri BTN IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tanggung jawab dan hasil belajar pada materi Tema 7 Perkembangan Teknologi Sub Tema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang untuk siswa kelas III SD NEGERI 65 BUA Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan upaya peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar melalui penggunaan model Problem Based Learning; (2) meningkatkan tanggung jawab dengan menggunakan model Problem Based Learning; (3) meningkatkan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD NEGERI 65 BUA tahun pelajaran 2020/2021. Variabel penelitian adalah peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan langkah-langkah: mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah; (2) Penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dari data awal yaitu 49,7, siklus 1 menjadi 65, kemudian siklus 2 menjadi 81,8; (3) Penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari data awal yaitu 62,2, siklus 1 menjadi 71,9, kemudian siklus 2 menjadi 81,55. 

Kata Kunci: Tanggung Jawab; Hasil Belajar; Model Problem Based Learning (PBL)


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiyono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta. Eggen, Paul Don Kouchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Retrieved from https://kbbi.web.id/tanggung%20jawab. (Diakses 4 Januari 2022).

Kemmis S dan Mc. Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakrin University. Kurinasih., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 76 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats