Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sd Negeri 65 Bua
(1) SD NEGERI 65 BUA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri BTN IKIP
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.30528
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tanggung jawab dan hasil belajar pada materi Tema 7 Perkembangan Teknologi Sub Tema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang untuk siswa kelas III SD NEGERI 65 BUA Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan upaya peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar melalui penggunaan model Problem Based Learning; (2) meningkatkan tanggung jawab dengan menggunakan model Problem Based Learning; (3) meningkatkan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD NEGERI 65 BUA tahun pelajaran 2020/2021. Variabel penelitian adalah peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan langkah-langkah: mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah; (2) Penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dari data awal yaitu 49,7, siklus 1 menjadi 65, kemudian siklus 2 menjadi 81,8; (3) Penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari data awal yaitu 62,2, siklus 1 menjadi 71,9, kemudian siklus 2 menjadi 81,55.
Kata Kunci: Tanggung Jawab; Hasil Belajar; Model Problem Based Learning (PBL)
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiyono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta. Eggen, Paul Don Kouchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.
KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Retrieved from https://kbbi.web.id/tanggung%20jawab. (Diakses 4 Januari 2022).
Kemmis S dan Mc. Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakrin University. Kurinasih., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract view : 103 times | PDF view : 47 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats