Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual

Fitriani Fitriani(1*), Muh Faizal(2), Fatmawati Fatmawati(3),

(1) SDN 195 Barae
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II. jika menggunakan media audio visual pada materi cerita dan pecahan nilai uang, maka terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dimana fokus yang diteliti adalah media pembelajaran yang digunakan yaitu media audio visul dan motivasi belajar. Setting dan subjek penelitian dilakukan di ruang kelas II sebanyak 4 orang siswa pada UPTD SPF SDN 195 Barae. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Melihat hasil observasi, penggunaan media audio visual dapat membuat siswa lebih mudah mengerti dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media audio visual sangat penting karena terkait dengan ketertarikan dan kemampuan siswa secara utuh. Penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II UPTD SPF SDN 195 Barae Desa Barae Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. 

Kata Kunci: Audio Visual; Media; Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 246-258.

Arief, H.S., Maulana., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No.1.

Arsyad, Azhar. (2012). PerencanaanPembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Desi Indrayanti. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widia, 30 (1) 17.

Hujair AH, Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Lamajau Eresia. (2017). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Kreatif Tadulako. 5(1), 205.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yahya, Septiwiharti Dwi, dan Imran. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKn melalui Media Kliping di SD Inpres Despot Posona Kecamatan Kasimbar. Jurnal Kreatif Tadulako. 3(1), 120.

Yunin Nurun Nafiah, Wardan Suyanto. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa, 4(1), 125-143.


Article Metrics

Abstract view : 214 times | PDF view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats