Model Think Pair Share Dengan Media Stik Eskrim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 1 Cikidang

Harsono Harsono(1*), Latri Aras(2), Nazwar Muslan(3),

(1) SDN 1 Cikidang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Komp. IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar matematika materi perkalian bilangan asli. Tujuan diadakan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas II SD Negeri 1 Cikidang dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan media stik eskrim. Untuk memperbaiki pembelajaran tersebut dilakukan penelitian yang langkahnya disesuaikan dengan tahap Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, berupa tes evaluasi dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan II. Hasil belajar siswa mengalamai peningkatan seperti pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 71,4 dengan presentase ketuntasan belajar 61,9%. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan rata-rata 77,1 dan presentase ketuntasan belajar 85,7%. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbantukan media stik eskrim dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Cikidang. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Think Pair Share; Stik Eskrim


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2018). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Tabany, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konteksual. Jakarta: Prenadamedia Group

Arsyat, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aspriyani, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPMM 10(1): 17-23.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA

BSNP. (2016). Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdibud

Jarmita, N. (2015). Kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas awal sekolah dasar. Pionir, 1-16

Priastuti Dwi. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Menggunakan Media Benda Asli Pada Siswa Kelas II Semester 1 SDN Manggkubmen No. 63 Surakarta. Jurnal Pendidikan Empirisme ISSN: 2301-5848

Rostina Sundayana. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: CV. Alfabeta.

Sabil, H. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share pada Materi Penampang dan Jaring-Jaring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Edumatica, 4(1):23²29.

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suwarto, S. (2017). Strategi pembelajaran operasi bilangan dengan benda konkrit.UNI ON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5 (3), 285 -294. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1437.

Tint, S. S., & Nyunt, E. E. (2015). Collaborative learning with think-pair-share technique. Computer Applications: An international Journal (CAIJ). Vol. 2, No. 1, 1-11.


Article Metrics

Abstract view : 165 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats