Model Think Pair Share Dengan Media Stik Eskrim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 1 Cikidang
(1) SDN 1 Cikidang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Komp. IKIP I
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.30359
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar matematika materi perkalian bilangan asli. Tujuan diadakan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas II SD Negeri 1 Cikidang dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan media stik eskrim. Untuk memperbaiki pembelajaran tersebut dilakukan penelitian yang langkahnya disesuaikan dengan tahap Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, berupa tes evaluasi dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan II. Hasil belajar siswa mengalamai peningkatan seperti pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 71,4 dengan presentase ketuntasan belajar 61,9%. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan rata-rata 77,1 dan presentase ketuntasan belajar 85,7%. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbantukan media stik eskrim dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Cikidang.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Think Pair Share; Stik Eskrim
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. (2018). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Tabany, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konteksual. Jakarta: Prenadamedia Group
Arsyat, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aspriyani, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPMM 10(1): 17-23.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA
BSNP. (2016). Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdibud
Jarmita, N. (2015). Kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas awal sekolah dasar. Pionir, 1-16
Priastuti Dwi. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Menggunakan Media Benda Asli Pada Siswa Kelas II Semester 1 SDN Manggkubmen No. 63 Surakarta. Jurnal Pendidikan Empirisme ISSN: 2301-5848
Rostina Sundayana. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: CV. Alfabeta.
Sabil, H. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share pada Materi Penampang dan Jaring-Jaring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Edumatica, 4(1):23²29.
Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suwarto, S. (2017). Strategi pembelajaran operasi bilangan dengan benda konkrit.UNI ON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5 (3), 285 -294. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1437.
Tint, S. S., & Nyunt, E. E. (2015). Collaborative learning with think-pair-share technique. Computer Applications: An international Journal (CAIJ). Vol. 2, No. 1, 1-11.
Article Metrics
Abstract view : 266 times | PDF view : 54 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats