Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Mata Pelajaran IPA

Siti Aisah(1*), Latri Aras(2), Muhammad Fitri(3),

(1) SD Negeri 3 Batulawang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD INPRES BTN IKIP 2 Kota Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Setelah dilakukan observasi dan evaluasi dalam pembelajaran yang hasilnya digunakan sebagai bahan refleksi atas apa yang terjadi pada muatan pelajaran IPA kelas VI KD: 3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik, terutama materi rangkaian listrik paralel diketahui Dari 8 siswa baru 5 siswa atau sekitar 65,5% yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Model PJBL PTK diberikan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik agar dapat mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek, keadaan atau proses sesuatu dan diharapkan mampu memperbaiki hasil pembelajaran. Secara umum hasil Penelitian Tindakan Kelas meningkatkan pemahaman tentang rangkaian paralel dalam kegiatan belajar mengajar muatan pelajaran IPA pada kelas VI SDN 3 Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning (PJBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Pada siklus pertama 5 dari 8 anak atau 62,5% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 8 dari 8 anak atau 100% siswa mencapai KKM. 

Kata Kunci: PJBL, Meningkatkan Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasbuloh, Kasihani. 1998/1999.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud, Kurikulum SD Negeri 3 Batulawang, 2014

Sumantri, Mulyani dan Permana, Johar. (1998). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Syamsudin, Abin. Dan Budiman, Nandang. (2005). Profesi Keguruan 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahyudin, Dinn., Supriadi, D., dan Abdulhak, Ishak. (2003). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, IG. A .K, Wihardit, K, dan Nasoetion, N. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin S., dkk. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 207 times | PDF view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats