Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ardiyanto Ardiyanto(1*), Satriani Satriani(2), Reni Astuti Latif(3),

(1) SD Negeri 1 Kadibolo
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VI di SD Negeri 1 Kadibolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Kadibolo yang berjumlah 16 siswa. Desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan presentase hasil belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 68,75% meningkat pada siklus II sebesar 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsismi, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Baharudin, Esa. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dewi, Tanti Agviola & Wardani, Naniek Sulistya. (2017). Peningkatan hasil belajar tematik melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) siswa kelas II SD. 235-242.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winataputra. Udin S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Vera, Monika, And Suhandi Astuti. (2019). “Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas Vsdn Sidorejo Lor V Salatiga.” Monika Vera Mawardi Suhandi Astuti 6 (1): 11–21.

Dhita Fitriani, Nurwidodo, Elok Catur Wilujeng. (2019). “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 3 (1): 208–13. Frianto, Okta, Stefanus C Relmasira, And Agustina Tyas Asri Hardini. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Realia Pada Siswa Kelas III SD.” International Journal Of Elementary Education 2 (4): 348. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V2i4.16115.

Mungzilina, Arista Khoirul, Firosalia Kristin, And Indri Anugraheni. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa.” Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 2. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V2i2.209.

Handoko, O. B., Dewi, K. H, & Giarti, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 1 No. 3

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiUoevhvPn0AhVX9nMBHVBrCTEQFnoECAoQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJLLS%2Farticle%2Fdownload%2F15385%2F9380&usg=AOvVaw0ITe0dn_0TY7U3V0HG5roO


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats