Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Cibuluh

Wandi Wandi(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Syahrani Syahrani(3),

(1) SD Negeri 1 Ciparakan
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDI Unggulan BTN Pemda Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30262

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Promblem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Cibuluh . Adapun penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu,perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Cibuluh , pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 13 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes( tes formatif) hasil belajar dan non tes (observasi dan dokumentasi ). Data yang dikumpulkan di analisis dengan  menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil tes akhir pada tindakan I terdapat 9 siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 dengan persentase 69,23% dan yang mendapat nilai dibawah 65 sebanyak 4 siswa dengan persentase 30,76%. Pada siklus II nilai meningkat menjadi terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 dengan persentase 84,61% dan yang mendapat nilai dibawah 65 sebanyak 2 siswa dengan persentase 15,38%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa  kelas VI SD Negeri 1 Cibuluh .


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Kurniawan, A. R., Noviyanti, S., & Arsil, A. (2019). Optimasi model Problem Based Learning berbantuan multimedia untuk meningkatkan keterampilan kerja tim di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 7-16.

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Ristata, R. (2006). Panduan Penulisan Laporan Perbaikan Pembelajaran (PTK). Purwokerto: UPBJJ Universitas Terbuka.

Sutarna, N., & Ripai, I. (2020). Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).

Wena. (2010). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats