Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SD Negeri 2 Sipedang

Suryaniati Suryaniati(1*), Musfirah Musfirah(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD Negeri 2 Sipedang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di kelas V SD Negeri 2 Sipedang. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan pada Siklus 1 yaitu 56,25% dengan kategori cukup aktif. Pada Siklus II Pertemuan 2 hasil belajar siswa meningkat yaitu 93,75% dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di kelas V SD Negeri 2 Sipedang 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Bahri, A. (2012). PenelitianTindakan Kelas. Makassar :Universitas Muhammadiyah Makassar.

Choridah, Dedeh Tresnawati. 2013. “Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposissi Matematis Siswa SMA”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2, No. 2.

Dwi, Arif dan Sentot. (2013). “Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 9, pp. 8-17

Dzulfikar, A., Asikin, M. & Hendikawati, P.(2012). Keefektifan Problem Based Learning dan Model Eliciting Activities terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematic s Education-UJME, Vol. 1, No. 1

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara.

Hamzah, Moh dan Ismail. (2009). “Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kejar Paket C PKBM Sultan Agung Kesambi Kota Cirebon”. Jurnal EduMa, 1(2): 101-112.

Herry. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (online). (http://rikoyutra.blogspot.com, diakses tanggal 10 Desember 2016).

Istarani. (2012).58 Model Pembelajaran Innovatif. Medan.MediaPersada. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Pasal 77G

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. 2006. Jakarta: Diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya.

Pebriana, P.H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas MenggunakanPendekatanKontekstualSiswaSe kolahDasar. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume 7 Nomor 2, Juni 2017.

Purwanto, Ngalim.(1997). Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahim, Farida.(2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduan & Sunarto, (2012).Pengantar Statistika untuk Penelitian Tindakan Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rohman, Fathur. (2005). Pengembangan Pembelajaran Membaca. Makalah disampaikan dalam bimbingan Teknis Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia se-Jawa Tengah, yang diselenggarakan oleh sub Dinas Pengembangan Tenaga Kependidikan dan Non-Kependidikan Seksi PTK

Rusmino. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slamet, St. Y.(2008). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Soyomukti.(2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya Offset.

Tarigan, Henri Guntur.(1989). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Tuminto, Didik.(2007). Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rajawali Pres.

Tarmizi.(2013). Peningkatan Menulis Puisi Siswa Dengan Teknik Pemodelan Di Kelas VIIID SMP Negeri 19 Kota Bengkulu.pdf. Universitas Bengkulu.

Wulandari, Bekti. (2013). “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No.2, pp. 178-190.


Article Metrics

Abstract view : 143 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats