Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas II SDN Tegaron 02

Baharudin Yusuf Adinova(1*), Satriani Satriani(2), Reni Astuty Latif(3),

(1) SD Negeri Tegaron 02
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author



Abstract


Untuk menghadapi pembelajaran abad 21 seorang pendidik dituntut untuk mampu menghadapi suatu perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan disemua jenjang pendidikan sesuai dengan usia peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri Tegaron 02. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Tegaron 02 pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 16 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 51 dan nilai tertinggi 85 dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 68 dan nilai tertinggi 92 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 56,25% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Kata Kunci  Problem Based Learning; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

A.M. Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta

Proma. (2010). Pengertian Hasil Belajar. Bumi Aksara, Bandung.

Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Vera, Monika, And Suhandi Astuti. (2019). “Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas Vsdn Sidorejo Lor V Salatiga.” Monika Vera Mawardi Suhandi Astuti 6 (1): 11–21.

Dayeni, Fitri, Sri Irawati, And Yennita Yennita. (2017). “Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 1 (1): 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35.

Dewi Sari, Sumarmi Sumarmi, And Ach Amirudin. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas III Sdn Tangkil 01 Wlingi.” Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (3): 281–88.

Dhita Fitriani, Nurwidodo, Elok Catur Wilujeng. (2019). “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 3 (1): 208–13. Frianto, Okta, Stefanus C Relmasira, And Agustina Tyas Asri Hardini. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Realia Pada Siswa Kelas III Sd.” International Journal Of Elementary Education 2 (4): 348. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V2i4.16115.

Misla, And Mawardi. (2020). “Efektifitas PBL Dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4 (1): 60. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i1.24279.

Frianto, Okta, Stefanus C Relmasira, And Agustina Tyas Asri Hardini. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Realia Pada Siswa Kelas IV SD.” International Journal Of Elementary Education 2 (4): 348. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V2i4.16115.

Mungzilina, Arista Khoirul, Firosalia Kristin, And Indri Anugraheni. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa.” Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 2. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V2i2.209.


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats