Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bangunkarya

Dedih Hidayat(1*), Andi DewiRiang Tati(2), Sitti Rasdiana Rajab(3),

(1) SD Negeri 1 Bangunkarya
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Aroeppala
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengenalan penyakit yang berhubungan dengan organ pernapasan manusia yang sulit dipahami oleh peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning melalui video pembelajaran, diskusi, dan presentasi dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bangunkarya, Kecamatan Langkap lancar, Kabupaten Pangandaran dalam memahami penyakit organ pernapasan manusia. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian berjumlah 10 orang. Penulis menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas dengan instrumen penelitian menggunakan tes (tertulis) dan non tes (observasi). Rerata postes kelas eksperimen setelah menggunakan model Problem Based Learning (Siklus 1) adalah 70 %, dan setelah menggunakan Problem Based Learning menjadi 90 % pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 

Kata Kunci: Problem Based Learning; Video; Diskusi; Presentasi; Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


Akmalia.(2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Numbered Heads Togeteher untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Skripsi.Bandung.Universitas Pasundan. Diakses Pada Desember 2021.

Eggen, Paul & Kauchak,Don. (2012).Strategi dam Model Pembelajaran Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Maulana,A. (2016).Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1.

Hosnan.(2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Putra, R,M. (2018). Pengaruh model PBL terhadap hasil belajar tematik siswa di SD Negeri 21 Kerinci. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No.2, pp. 178-190.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Riyanto.(2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz Media Sanjaya, W.(2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suhardjono dan Supardi, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Hujair AH. Sanaky, (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Kasbolah, Kasihani. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud.

Mardi, dkk. (2007). Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Untuk SMK Kelas XI. Bandung: Yudhistira.

Rifai, Achmad dan Chatarina Tri Anni. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES PRESS

Rudi, S., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats