Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Picture And Picture Dan Implikasinya Terhadap Nilai Kreatif Di SDN 1 Wotgali

Entin Suhartini(1*), Rukayah Rukayah(2), Muhammad Dahlan(3),

(1) SD Negeri 1 Wotgali
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Kaccia
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Picture And Picture dan implikasinya terhadap nilai kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas IV SDN 1 Wotgali yang terdiri dari 32 siswa. Proses penelitian ini dilakukan dua siklus. Pemerolehan data berasal dari lembar hasil belajar siswa dan data observasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus pertama adalah 83,75 dengan kualifikasi memuaskan. Sedangkan siklus kedua dengan nilai rata-rata kelas adalah 91,56 dengan kualifikasi sangat memuaskan. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar 7,81 terhadap nilai rata-rata kelas. Untuk itu, Penelitian dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Wotgali dan juga dapat meningkatkan aktivitas dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran. 

Kata Kunci:  Peningkatan Hasil Belajar; Model Picture And Picture; Nilai Kreatif


Full Text:

PDF

References


Amalia, Ryski P. 2012. Skripsi Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajah. Jember.

Dewi, Frisca K. 2013. Skripsi Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Semarang.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan : Media Persada.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Mutmainah, Siti. 2013. Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS. Surakarta.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Jaya.

Zaini,dkk.2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats