Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas II SD

Endang Widyastuti(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Reni Astuty Latif(3),

(1) SD N 1 PENGKOL
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri 1 Pengkol pada pelajaran matematika materi perkalian. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Laerning (PBL). Tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD N 1 Pengkol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah penelitian meliputi Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus hanya mencapai 58,33 atau 41,67%. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 67,5 atau 66,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,5 atau 91,67%. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD.

Kata Kunci: Problem Based learning; Hasil belajar; Matematika.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsismi, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Hosnan.(2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Tim Penyusun KBBI. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Seng, O.T. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21š‘ š‘” Century. Singapore: Thompson Learning.


Article Metrics

Abstract view : 1467 times | PDF view : 417 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSDĀ Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

Ā Ā 

Ā 

Ā Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah DasarĀ is licensed under aĀ https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats