Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Tahun 2021

Nadia Nuril Jannah(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Muhammad Hamkah(3),

(1) SDIT Bina Insan Kamil Sidareja
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Tidung
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDIT Bina Insan Kamil Sidareja pada muatan pelajaran tematik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada pelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDIT Bina Insan Kamil Sidareja dengan jumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 62,94. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,56 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,44. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Tematik pada siswa kelas III Semester I di SDIT Bina Insan Kamil Sidareja tahun pelajaran 2021/2022.


Full Text:

PDF

References


Anastasia Nandhita Asriningtyas, F. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. JKPM Volume 5 nomor 1 April 2018, 23-32.

Astria. (2016). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) untuk Menigkatkan Ketrampilan Membaca SIswa Kelas IV SD Insan Teladan Parung Bogor. Jakarta.

Dr. Andi Prastowo, S. M. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Emenina Br Tarigan, E. J. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 4 Tahun 2021 Halm 2294 - 2304, 3.

Marda Novellia, S. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar SIswa dalam Pembelajaran Tematik. Journal For Lesson and Learning Studies, 1, 149-156.

Maulana Arafat Lubis, M. N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencana.

Metalin, A. M. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1, 49-54.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.

Suci Setyawati, F. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, VI, 93-99.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats