Penerapan Model Problem Based Leaerning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 116 Bengkulu Utara

Elfa Berlina(1*), Natri Syam(2), Hairudin Hairudin(3),

(1) SD Negeri 116 Bengkulu Utara
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Bisara
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan Hasil Belajar siswa pada saat belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada tema 5 tentang Ekosistem dan Subtema 1 Komponen Ekosistem muatan pelajaran IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pengumpulan data berupa nilai hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa Kelas 5 SDN 116 Bengkulu Utara yang berjumlah 20 orang 13 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan belajar siswa pra siklus hanya 45%, kemudian meningkat disiklus 1 menjadi 75%, dan di siklus 2 ketuntasan belajar siswa menjadi 100%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningktkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 di SDN 116 Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning; Keaktifan; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Cahyo, Agus N. (2013) Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Christina, L.V dan Firosalia Kristin. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Inverstigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Compisition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4. Salatiga: Jurnal Scholaria. Vol.6, No.3 (223).

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegritas (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, Ratna dan Pratiwa Pujiastuti. (2016). Pengaruh PBL terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA pada SD. Yogyakarta: Jurnal Prima Edukasi. Vol 4. No.2 (186-197).

Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia, P. R. (2006). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Rahyubi, Heri. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Nusa Media.

Sariadi, Ni Ketut dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas V SD. Jurnal: PGSD- Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats