Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Eka Mustika(1*), Muh Faisal(2), Heryanti Alamsyah(3),

(1) SD Negeri 13/IV Kota Jambi
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpress Kassi-Kassi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.30099

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Tematik di kelas melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan media Power Point. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 13/IV Kota Jambi, dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Ada dua siklus pada penelitian ini, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 68%, pada siklus I sebesar 70%, sedangkan pada siklus II sebesar 94%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tindakan sebesar 62, siklus I sebesar 75, sedangkan pada siklus II sebesar 94. Begitu juga motivasi siswa dari siklus I juga mengalami kenaikan pada siklus II. Dari siklus I rata-rata indikator motivasi 75% pada siklus II menjadi 89%. Disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantukan media Powerpoint dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 

Kata kuncis: Motivasi; Problem Based Learning; Powerpoint.


Full Text:

PDF

References


Anggawirya, Erhans. (2011). Microsoft Powerpoint 2010. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali.

Depdiknas. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Duch, B. J., Groh, Susan E., & Allen, Deborah E. 2001. Why Problem-Based Learning?, in the Power of Problem Based Learning. Duch, Barbara J., Groh, Susan E., and Allen, Deborah E (Eds). Virginia: Stylus. 1705 Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 9, Bln September, Thn 2016, Hal 1700²1705

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.

Iswanto, H. (2007). Pemanfaatan Multimedia Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Konsep Sistem Saraf Di SMP Roudlotus Saidiyyah Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Siswono. (2005). Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Belajar Kreatif Matematik. Semarang: Unnes Journal of Mathematics Education.

Sutrisno, Tri. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta didik (Studi kasus di SMK Muhammadiyah Tangerang Selatan). Tangerang: Universitas Pamulang

Supriyanto, A., Hartini, S., Irdasari, W. N., Miftahul, A., Oktapiana, S., & Mumpuni, S. D. (2020). Teacher professional quality: Counselling services with technology in Pandemic Covid-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 176-189.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.


Article Metrics

Abstract view : 203 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats