Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Pembelajaran IPA dan BAHASA INDONESIA Tema IV (Globalisasi) di Kelas VI SD Negeri 011 Tahun Ajaran 2020/2021

Etty Maydawati(1*), Amrah Amrah(2), Kadarisman Kadarisman(3),

(1) SDN 011 TANJUNGPINANG TIMUR
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Kampus IKIP Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Tematik terpadu khususnya Bahasa Indonesia dan IPA Melalui Model pembelajaran Problem Based Learning dan Media. Pembelajaran.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus nya terdiri dari perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi,refleksi. Subyek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas VI SDN 011 Tanjungpinang Timur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan persentase peningkatan pada siklus 1 sebesar 64,65% dan pada siklus II menjadi 80,64%. Dengan demikian sebagai kesimpulan dapat disampaikan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan ketrampilan guru,aktivitas siswa dan hasil belajar  siswa kelas VI SDN 011 Tanjungpinang Timur.

Kata Kunci: Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Antrock, J. W. (2011). Educational Psychology, Diana Angelica. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Gunantara,Gd, Md Suarjana, dan Pt. Nanci Riastini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1

Koehler, M. & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70. Dari https://www.researchgate.net/publication/241616400_What_Is_Technological_Pedagogical_Content_Knowledge/download

Muhson, Ali. (2009). Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan. Vol. 39, No. 2, Hal. 171-182.

M.J. Koehleretal. (2014).The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. 9, 101-111. Dari https://www.punyamishra. com/wp- content/uploads/2013/08/

Nurhayati & Nana Mardiana Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Volume 4 (2) Januari 2021 Copyright ©2020 STKIP Setiabudhi ISSN: 2580-9466 (Print) / ISSN: 2621-4997 (Online) Available at: https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats