Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SD Inpres Bangkala III

Muliana Ningsih Muh. Nasir(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Sarinikmah Sarinikmah(3),

(1) UPT SPF SD Inpres Bangkala III
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Kompleks IKIP I Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30086

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas I UPT SPF SD Inpres Bangkala III. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang sitiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari data awal hanya dari 20 siswa hanya 7 orang siswa yang mendapat nilai di atas kkm sisanya 13 siswa di bawah KKM. Sedangkan pada siklus I dari 20 siswa yang memiliki nilai yang mencapai KKM 65 sebanyak 16 siswa atau persentasenya (80%) dan siswa belum mencapai ketuntasan yaitu 4 siswa atau persentasenya (20%). Kemudian pada siklus II dari 20 siswa yang memiliki nilai yang mencapai KKM 65 sebanyak 20 siswa dengan persentase (100%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Inpres Bangkala III Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi : Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fauziah, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Operasi Hitung Siswa SD (Doctoral dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia).

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri001Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Mansur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah (Clasroom Action Research). Cet. ke-2. (Jakarta: Bumi Aksara).

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling.


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats