Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Probelem Based Learning Kelas I

Ari Marhumah(1*), Hamzah Pagarra(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) SD Islam Hidayah Tayu Wetan
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) SD Inpres Unggulan Toddopulli Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas I SD Islam Hidayah Kecamatan Tayu Kabupaten Pati pada muatan pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian siswa kelas I dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Matematika. Hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 75%. Setelah   diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajarnya meningkat menjadi 85 % dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas I di SD Islam Hidayah. 

Kata Kunci: Matematika; Hasil Belajar; Model Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amir Taufiq, M. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.

Beta Fitri Inayarti (2018). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas 1 SD di akses tanggal 12 Januari 2022 dari https://jurnal.umj.ac.id/peningkatan-hasil-belajar-menggunakan-model-problem-based-learning-pbl-pada-siswa-kelas1 sd.

Guntara, Suarja dan Nanci. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1) 2.

Hamzah B. Uno. (2009). Profesi Kependidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. (2011). Model Pembelajaran. (Cetakan ke-8). Jakarta: PT. Bumi Aksara. Handayan.,

Kemendikbud. 2016. Permendiknas Nomor 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nana Sudjana.(2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. In Ghalia

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Yunin Nurun Nafiah. (2018). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Di akses tanggal 12 Januari 2022 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/2540/2098


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats