Peningkatan Kemampuan Menggali Informasi Dari Dongeng Binatang Yang Dibacakan Guru Melalui Metode Kuis Siswa Kelas II SDIT Bina Insani Kediri

Anik Nurul Laili(1*), Rukayah Rukayah(2), M. Dahlan M. Dahlan(3),

(1) SDIT Bina Insani Kediri
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF SD Negeri Kaccia
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan menggali informasi dari dongeng binatang pada siswa kelas II SDIT Bina Insani melalui metode kuis. Berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan dan pembahasan hasil penelitian, berikut ini dikemukakan beberapa temuan. 1) Pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang diterapkan dengan sasaran siswa kelas II di SDIT Bina Insani Kediri semester genap tahun pelajaran 2019/2020 mengambil materi menggali informasi dari dongeng binatang dengan menggunakan metode kuis ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada Siklus I, pelaksanaan pembelajaran menggali informasi dari dongeng binatang dengan metode kuis berjalan kurang baik karena ada beberapa siswa yang kurang aktif. Selain itu hasil belajar yang diperoleh kurang memuaskan. Untuk itu peneliti dan kolaborator perlu mengadakan siklus berikutnya untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. 2) Pada Siklus II, pelaksanaan pembelajaran menggali informasi dari dongeng binatang dengan metode kuis sudah berjalan dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung dalam kelas. Hasil belajar yang diperoleh juga menunjukkan adanya peningkatan, baik hasil belajar secara individu maupun secara kelompok. 

Kata kunci: Teks; Kuis; Paham.


Full Text:

PDF

References


Burn, Paul C, Betty D.Roe, dan Elinor P.Ross. (1996). Teaching Reading in Today’s Elementary School. Boston: Houghthon Mifflin Company

Sudarman, Sri, dkk. (1997). Bahan Ajar Membaca dan Pengajarannya. Malang: IKIP Malang Bekerjasama dengan Bagian Proyek Peningkatan SLTP Swasta Kanwil Depdikbud Prop. Jatim.

Kemmis, Stephen., Robin Mc Taggart. 1988. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.


Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats