Peningkatan Kemampuan Menggali Informasi Dari Dongeng Binatang Yang Dibacakan Guru Melalui Metode Kuis Siswa Kelas II SDIT Bina Insani Kediri
(1) SDIT Bina Insani Kediri
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF SD Negeri Kaccia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.30056
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan menggali informasi dari dongeng binatang pada siswa kelas II SDIT Bina Insani melalui metode kuis. Berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan dan pembahasan hasil penelitian, berikut ini dikemukakan beberapa temuan. 1) Pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang diterapkan dengan sasaran siswa kelas II di SDIT Bina Insani Kediri semester genap tahun pelajaran 2019/2020 mengambil materi menggali informasi dari dongeng binatang dengan menggunakan metode kuis ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada Siklus I, pelaksanaan pembelajaran menggali informasi dari dongeng binatang dengan metode kuis berjalan kurang baik karena ada beberapa siswa yang kurang aktif. Selain itu hasil belajar yang diperoleh kurang memuaskan. Untuk itu peneliti dan kolaborator perlu mengadakan siklus berikutnya untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. 2) Pada Siklus II, pelaksanaan pembelajaran menggali informasi dari dongeng binatang dengan metode kuis sudah berjalan dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung dalam kelas. Hasil belajar yang diperoleh juga menunjukkan adanya peningkatan, baik hasil belajar secara individu maupun secara kelompok.
Kata kunci: Teks; Kuis; Paham.
Full Text:
PDFReferences
Burn, Paul C, Betty D.Roe, dan Elinor P.Ross. (1996). Teaching Reading in Today’s Elementary School. Boston: Houghthon Mifflin Company
Sudarman, Sri, dkk. (1997). Bahan Ajar Membaca dan Pengajarannya. Malang: IKIP Malang Bekerjasama dengan Bagian Proyek Peningkatan SLTP Swasta Kanwil Depdikbud Prop. Jatim.
Kemmis, Stephen., Robin Mc Taggart. 1988. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.
Article Metrics
Abstract view : 169 times | PDF view : 31 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats