Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VI SD Negeri 276 Latappere
(1) SD Negeri 276 Latappere
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Bisara Kabupaten Gowa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.30012
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 276 Latappere Kabupaten Soppeng. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 276 Latappere Kabupaten Soppeng pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 12 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 58,3% (kategori sedang) dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 75,0% (kategori tinggi). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 276 Latappere Kabupaten Soppeng.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL); hasil belajar; Siswa SD
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. (Suryani, Ed.) (2nd ed). Jakarta: Bumi Aksara.
Ilhaq, Wildan Iltizam. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Materi Pasar Sasaran Siswa Kelas X Pemasaran 2 SMK N 9 Semarang. Semarang: FE UNS.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press.
Maharani, Desta .O., & Kristin F. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Wacana Akademika Majalah Ilmiah Pendidikan, 6 Juni hal 29.
Maret, Marsal., & Syarifuddin, Hendra. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(1), 2021, 106-112. DOI: 10.25273/jems.v9i1.8746.
Pandu, Leonardus Baskoro. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta: FT UNY.
Peraturan Pemerintah Repblik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 19 (Yogyakarta: Pustaka Yustisia, 2013), h. 161.
Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–107.
Rusman, Deni Kurniawan, C. R. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana (2014) Metode Statistika, Bandung: Tarsido.
Article Metrics
Abstract view : 130 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats