Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas V UPT SPF SDI Hartaco Indah

Darmansyah Darmansyah(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Reni Astuty Latif(3),

(1) UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author



Abstract


Masih banyak siswa yang kurang percaya diri dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, seperti bertanya dan menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan sikap percaya diri di kelas V UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perkembangan sikap percaya diri siswa. Perkembangan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. Perkembangan dari pelaksanaan proses pembelajaran dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada kualifikasi kurang di siklus I menjadi kualifikasi baik pada siklus II sehingga standar ketuntasan nilai sikap percaya diri tercapai.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah; Sikap Percaya Diri.


Full Text:

PDF

References


Herlan, & Fatchurahman, M, P. (2012). Kepercayaan Diri, Kematangan Emosi, Pola Asuh Orang Tua Demokratis dan Kenakalan Remaja. Persona. Jurnal Psikologi Indonesia September 2012, Vol. 1, No. 2, hal 77-87

Hamalik, O. (2011). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Huda, M. J., & Umam, N. K. (2018). Keefektifan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdit Az-Zahra Demak. Jurnal Tunjuk Ajar, 1(2), 88–93

Soesatyo, Y., Tjipto, W, S., Canda, N, S., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162-178.

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats