Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas V SD

Aisha Bella Fitri(1*), Abdul Hafidz(2), Fatmawaty Fatmawaty(3),

(1) SD Negeri 048232 Kabanjahe
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data 75% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan hasil belajar mencapai 64% dari jumlah siswa di atas KKM. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh data 90% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 86% hasil belajar siswa diatas KKM. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD. 

Kata Kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja

Amir, T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia.

Arikunto,dkk.(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto.Suharsimi.(2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Effendi Mukhlison. (2008). Ilmu Pendidikan. Stain ponorogo press ponorogo : Ponorogo.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2 (1). 94-104.

Padmono,Y.(2010). Kekurangan dan Kelebihan Manfaat Penerapan PTK. Online: edukasi. Kompasiana. Com

Pamungkas, A. D., dkk. (2018). Peningkatan Inquiry Learning Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (1), 287-293

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 1 (2), 99-108.

UU RI No. 20 Tahun 2003. (2005). Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats