Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Di SD

Yuliani Yuliani(1*), Rosdiah Salam(2), Muh. Hamkah(3),

(1) SD Negeri Jetak
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Tidung Kota Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Jetak Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora pada muatan pelajaran IPA materi pernafasan pada hewan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar Kerja Siswa Liveworksheet. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jetak dengan jumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus pembelajaran dengan satu kali pertemuan pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria ketuntasan minimal untuk hasil belajar siswa adalah 70 dalam skala penilaian 1-100. Keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Hasil belajar siswa yang menjadi fokus penelitian ini mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 59,09. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL berbantuan Liveworsheet pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,64 dan pada siklus II meningkat menjadi 89,09. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan Liveworksheet berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V Semester I di SDN Jetak Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci: IPA; Hasil Belajar; Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi & implementasi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penilaian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi, (2006), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Moedjiono, (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hanafiah, Nanang dan Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Afitama.

Hermawan, dkk. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Hernawan, A. H., Asra, dan Dewi, L. (2007). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Mulyasa, E. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjanadan Ahmad Rivai. 2002. Media Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Nilson, L. B. (2010). Teaching at its best: A research-based resource for college instructors (2nd ed.).

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana. Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovativ dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Tamarli. (2017). Penggunaan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Azasi Manusia Kelas XI-2 SMA Negeri Suka Makmur Aceh Besar. Jurnal Serambi Ilmu, 18(1): 33-40.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats