Peningkatan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif

Mevi Ristiani(1*), Makmur Nurdin(2), Nazwar Nazwar(3),

(1) SD Negeri Gondoriyo 03
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri Gondoriyo 03 dikatakan belum berhasil karena guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat, sehingga kompetensi pembelajaran yang diharapkan belum dapat tercapai dengan baik. Untuk itu, penulis berusaha untuk melakukan observasi. Observasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar Bahasa Indonesia siswa terutama pada keerampilan berbicara dengan penerapan model pembelajaran  interaktif. Model pembelajaran interaktif itu sendiri dapat mempermudah siswa dalam mengembangkan potensinya, terutama pada keterampilan berbicara. Dengan penerapan model pembelajaran interaktif, ternyata prestasi belajar siswa dapat meningkat.Observasi ini dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus ketuntasan belajar 65,2%, siklus I meningkat dengan ketuntasan belajar 68,6% dan siklus II dengan ketuntasan 70,8%. Hasil aktivitas belajar siswa pada pra siklus aktivitas siswa sebesar 80,75%, siklus I meningkat mencapai 81,5% dan siklus II mencapai 83%. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. 

Kata kunci: Pembelajaran Interaktif; Diskusi; Keterampilan Berbicara


Full Text:

PDF

References


George Boeree, C.2008. Metode Pembelajaran & Pengajaran. Yogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Teknik Penulisan SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI. Yogyakarta: elMATERA Publishing.

Martono dan H. Mafrukhi. 2006. Super Bahasa Indonesia 6. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Mufriatun, Siti. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Teknik Bercerita.Semarang: UNNES.

Noermanzah, Mzir, dan Lustyantie, N.(2018). President Joko Widodo’s Rhetorical Technique of Arguing in the Presidentian Speeches of the Reformera. International Journal of Aplied Linguistics and English Literature, 7(5),119. Doi:10.7575/aiac.ijalel.v.7n.5p.117

Sugono, dendy. 2009. MAHIR BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats