Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Struktur Akar Tumbuhan dan Fungsinya melalui Metode Demonstrasi
(1) SD Negeri 010015 Sei Serindan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Nusa Harapan Permai Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.29729
Abstract
Proses belajar mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan alat peraga, dan materi pelajaran yang disampaikan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini dilakukan melalui proses yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh dari pengkajian ini adalah peningkatan kemampuan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa. Pada siklus I siswa yang mengalami ketuntasan meningkat menjadi 13 orang (62%), dan nilai rata-rata IPA 66,33. Pada siklus II, nilai anak yang mencapai ketuntasan belajar semakin meningkat menjadi 19 orang (90%) dan nilai rata-rata mencapai 74,95. Menunjukkan : (1) siswa lebih berani dalam mengemukakan pendapat (2) siswa lebih berminat dan aktif dalam pembelajaran (3) suasana belajar lebih alami dan menyenangkan. Penggunaan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi struktur akar tumbuhan dan fungsinya.
Kata kunci: Hasil Belajar; Struktur Tumbuhan; Demonstrasi.
Full Text:
PDFReferences
Anggoro, M. Toha (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anggari, Angi St. dkk (2017). Buku Guru Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup, Jakarta: Kemendikbud
Hamalik (2013). Pengertian Hasil Belajar menurut Para Ahli. http://tetap-belajar.blogspot.com/2013/06/pengertian-hasil-belajar-menurut-para.html
Nasution, Noehi (2005). Pendidikan IPA di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Riadi, Muchlisin (2012). Metode Pembelajaran. http://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-demonstrasi-dalam-belajar.html#ixzz2gI6dhuoa
Rustaman, Nuryani dkk (2012). Materi Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumantri, Mulyani (2010). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Taufiq, Agus dkk (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardhani, IGAK dkk (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurul. A., Ani R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Siswa Smp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38274
Article Metrics
Abstract view : 168 times | PDF view : 43 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats