Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Nurnalasah Nurnalasah(1*), Makmur Nurdin(2), Nazwar Muslan(3),

(1) SD N 3 TAHUNAN
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini didasari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas. Data awal menunjukkan bahwa. Sebagian besar siswa pada kelas IV nilainya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Data hasil belajar dari 16 siswa, hanya 7 siswa (43,75 %) yang mendapat nilai diatas KKM dan 9 siswa (56,25%) nilainya dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu minat belajar siswa yang rendah, guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, serta media kurang menarik. Untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV dilakukan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar siswa. Langkah penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Teknik analisis data kualitatif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Tahunan yang berjumlah 16 siswa. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari ketuntasan belajar yang telah dicapai. Kondisi awal sebelum perbaikan tuntas 7 siswa (43,75%), siklus I tuntas 10 siswa (62,5%) dan siklus II tuntas sebanyak 14 siswa (87,5%). Dari hasil tersebut dapat simpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Tahunan. 

 Kata kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsismi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aqib, Zaenal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Fivi Nuraini. 2017. Penggunaan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/82/36

Gagne, R.M, (1977). The Conditions of Learning, New York: Holt, Renehart and Winston.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hapsari, Ratna Putri. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/33195

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19) Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.

Poerwanti, Endang.2008. Asesemen Pembelajaran SD. Depertemen Pendidikan Nasional

Satrianawati, Nur Hidayah. 2017. Buku Model Pembelajaran Untuk Keterampilan Abad 21. Deepublis

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugandi, Achmad. 2006.Teori Pembelajaran. Semarang: Unnes Press

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.: Prestasi Belajar

Winataputra. Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yulia, dkk. 2020. Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Di unduh dari https://kitamenulis.id/2020/09/23/metode-dan-teknik-pembelajaran-inovatif/ di akses tanggal


Article Metrics

Abstract view : 1149 times | PDF view : 242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats