Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Melestarikan Tanaman Dan Hewan Langka Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas VI SD Negeri 03 Rantau Alai

Gusri Andi Rahman(1*), Natriani Syam(2), Hairuddin Hairuddin(3),

(1) SD Negeri 03 Rantau Alai
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Bisara
(*) Corresponding Author



Abstract


 Penelitian ini di latar belakangi karena rendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi tanaman dan hewan langka di kelas VI SD Negeri 03 Rantau Alai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran “Pelestarian Hewan dan Tanaman langka”. Pada penelitian ini penulis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) agar siswa dapat aktif, berfikir kritis dalam belajar. Siswa akan di arahkan untuk aktif mencari informasi dari lingkungan sekitar maupun internet mengenai pelestarian tanaman dan hewan langka serta mengidentifikasi penyebab kelangkaan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah ceramah, penugasan dan Diskusi. Subjek penelitia ini adalah Siswa kelas VI SD Negeri 03 Rantau Alai yang terdiri dari 9 orang siswa. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini adalah butir soal dan LKPD. Adapun tingkat keberhasilan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini adalah sebanyak 90% jika dibandingkan sebelumnya tanpa menggunakan model PBL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SD Negeri 03 Rantau Alai terhadap materi Melestarikan Tanaman dan Hewan langka. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL); Melestarikan Tanaman dan Hewan Langka.


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning : Becoming an accomplished teacher. Oxon : Routledge.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

E.Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Gallagher et.al. 1995. Implementing Problem Based Learning in Science Classrooms, School Science Mathematics

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana,Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda


Article Metrics

Abstract view : 124 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats