Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Audio Visual dan Metode Demonstrasi Materi Sifat Cahaya di SDN Campursari
(1) SDN Campursari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Kip Bara Baraya 1 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.29681
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual dan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik pada materi sifat – sifat cahaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas melalui dua tahapan atau siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena pembelajaran IPA kurang diminati oleh para peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPA di kelas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengelola pendidikan, agar proses belajar mengajar lebih menarik sehingga peserta didik menyenangi pembelajaran IPA, dan dapat meningkatkan minat serta motivasi peserta didik terhadap pembelajaran IPA sehingga meningkatkan hasil prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Setelah melakukan penelitian ini ada beberapa temuan diantaranya meningkatnya minat peserta didik dalam pembelajaran IPA, meningkatnya hasil belajar peserta didik dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPA menjadi efektif dan kondusif.
Kata kunci: Media Audio Visual; Metode Demonstrasi; Materi Sifat – sifat Cahaya
Full Text:
PDFReferences
Ani Idayanti. (2008). Penggunaan Media Audio dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tuna Netra di SMPLB Negeri Metesih Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Madiun : FPMIPA IKIP PGRI MADIUN.
Erman Suherman ,dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Ernawati Wulandari. (2009). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas V SDN Banjarejo I Magetan Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Madiun : FPMIPA IKIP PGRI MADIUN.
Sapriati, A.,dkk., (2014), Pembelajaran IPA di SD, Tangerang Selatan : --Cet.14;Ed.1 Universitas Terbuka.
Sudirman, dkk. (1987). Ilmu Pendidikan. Bandung : Remadja Karya.
Wardani ,I.G.A.K.,dkk., (2011), Perspektif Pendidkan SD, Jakarta: --Cet.7;Ed.1-- Universitas Terbuka.
Article Metrics
Abstract view : 133 times | PDF view : 32 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats