Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV SD

Hasriyah Hasriyah(1*), Hamzah Pagarra(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) UPT SPF SDN 221 Tanah Kongkong
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas IV SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data 70% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mencapai 60% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh data 80% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 70% siswa telah memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian siklus 3 diperoleh data 90% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 80% siswa telah memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning secara bertahap dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Berpikir Tingkat Tinggi.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (Eds). 2015. Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen: revisi taksonomi pendidikan Bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fuadah. K. 2017. Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Project Based Learning Bersumber Potensi Lingkungan Lokasl Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Keterampilan Ilmiah, Dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Greenstein, A. 2012. Assesing 21 st Century Skill, A Guide To Evaluating Mastery and Authentic Learning. USA. Corwin A Sage Company.

Hasyim, Maylita, Febrika K.A. 2019. Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 5, No. 1.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia.

Kamin, & Chinedu. 2015. Strategies For Improving Higher Order Thinking Skills In Teaching And Learning Of Design And Technology Education. Malaysia: Universiti Teknologi Malaysia.

Noor, A. M. 2009. Pedagogical Issues in integrating Thinking Skills in The Classroom. International Journal for Education Studies, 2(1): 55-68.

Sofyan, Ali F. 2019. Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013, Jurnal Inventa, Vol. 3, No 1.

Yahya, Septiwiharti Dwi, dan Imran. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKn melalui Media Kliping di SD Inpres Despot Posona Kecamatan Kasimbar. Jurnal Kreatif Tadulako. 3(1), 120.

Yusmanto, H. 2017. Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Corousel Feedback Dan Round Table (Studi Pada SMPS Islam Terpadu Darul Azhar Kabupaten Aceh Tenggara). Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.


Article Metrics

Abstract view : 1171 times | PDF view : 372 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats