Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Problem Basic Learning

Suci Wulandari(1*), Latri Aras(2), Muhammad Fitri(3),

(1) SD Negeri 1 Kedawung
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD INPRES BTN IKIP 2 Kota Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas IV SD Negeri 1 Kedawung. Pembelajaran selama ini hanya berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif, sehingga berdampak pada prestasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV melalui penerapan Problem Basic Learning.Sedangkan metode yang digunakan adalah melalui penelitian kelas.Rumusan  masalah diuraikan sebagai berikut: Bagaimana penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedawung. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK. Berdasarkan hasil  penelitian pada siklus 1  diperoleh data hasil belajar siswa mencapai 60% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2, proses belajar telah mengalami peningkatan dan diperoleh data 80% siswa telah menunjukkan hasil belajar di atas KKM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan  belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedawung.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Keatifan Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Ahmadi, Abu 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Ali, Mohhamad. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : PT Imperial Bhakti Utama.

Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and Learning/CTL). Malang: Universitas Malang.

Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka.

Riedesel, C. A..Scchwart, J.E., dan Clement, D.H. 1996. Teaching Elementry School mathematic. Boston: Allyn and Bacon.

Nurgiyantoro, B. & Efendi, A. (2017). Re-Actualization of Puppet Characters in Modern Indonesian Fictions of The 21st Century. 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies. 23 (2), 141-153, from http://doi.org/10.17576/3L-2017-2302-11.

Retnowati, E., Fathoni, Y., & Chen, O. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning by Problem Posing or by Problem Solving? Cakrawala Pendidikan, 37(1), 1-10, from doi: http://dx.doi.org/10.21831/cp.v37i1.18787.

Janssen, J., Kirschner, F., Erkens, G., Kirschner, P. A., & Paas, F. (2010). Making the black box of collaborative learning transparent: Combining process-oriented and cognitive load approaches. Educational Psychology Review, 22(2), 139-154. doi: 10.1007/s10648-010-9131-x.

Retnowati, E. (2012, 24-27 November). Learning mathematics collaboratively or individually. Paper presented at the The 2nd International Conference of STEM in Education, Beijing Normal University, China. Retrieved from http://stem2012.bnu.edu.cn/data/short%20paper/stem2012_88.pdf.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats