Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika Kelas II SDN 1 Wadasmalang

M Imam Shubki HMS(1*), Latri Aras(2), Muhammad Fitri(3),

(1) SDN 1 Wadasmalang
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres BTN IKIP 2 Kota Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada peserta didik kelas II SDN 1 Wadasmalang Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika khussunya soal cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah problem based learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika khususnya soal cerita. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada masing-masing indikator yang mengalami peningkatan. 

Kata kunci: Problem Based Learning; Pemecahan Masalah; Soal Cerita.


Full Text:

PDF

References


Hudaya, Herman (2018) Strategi Mengajar belajar matematika. IKIP Bandung.

Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya. Bandung.

Suharsimi Arikunto (1993) Prosedur Penelitian. Yogyakarta. Rineka Cipta. Suharsimi Arikunto, Suharjono, Supardi (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.

Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132–1


Article Metrics

Abstract view : 918 times | PDF view : 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats