Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Encuy Nurhalimah(1*), Latri Aras(2), Muhammad Fitri(3),

(1) SD Negeri 2 Tegalsari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres BTN IKIP 2 Kota Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tegalsari Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta dalam pembelajaran tematik tema 2 Udara bersih Bagi Kesehatan Sub Tema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 1. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tegalsari  Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah problem based learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada masing-masing indikator yang mengalami peningkatan. 

Kata kunci: Keaktifan; Hasil Belajar; PBL


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja

Arief, H. S., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141–150.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1): 90-96.

Idzhar, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Isbadrianingtyas, N., Hasanah, M., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 901–904.

Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA melalui Pendekatan Saintifik pada Mata kuliah IPA Terpadu Increasing the Critical Thinking Ability of Tadris IPA Students through a Scientific Approach in Integrated Science Courses. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71–84.

Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132–141.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenata Media.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.

Mahermawati. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Teknik Reward Siswa Kelas V SD Negeri 0 1 1 Desa Baru Siak Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 194.

Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz Media.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sanjaya, W.(2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats