Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Suka Cinta Materi Lingkaran Dengan Model Grup Investigation

Bayu Permayati(1*), Amrah Amrah(2), Kadarisman Kadarisman(3),

(1) SD Negeri Suka Cinta
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Laporan ini berjudul Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN Suka Cinta Materi Lingkaran Dengan Menggunakan Model Group Investigation. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah “Apakah melalui model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI materi Lingkaran di SD Negeri Suka Cinta?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan tiga cara yaitu, pra siklus pada hari Senin tanggal 16 September 2019, siklus I pada hari Sabtu tanggal 28 September 2019 dan siklus II pada hari Sabtu tanggal 5 Oktober 2019. Kesimpulan dari Karya ilmiah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Lingkaran di Kelas VI SD Negeri Suka Cinta Tahun Ajaran 2019/2020. Rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 86,67. Persentase jumlah siswa yang tuntas sebesar 89%. Penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SD Negeri Suka Cinta pada materi Lingkaran Tahun Ajaran  2019/2020. Pada Siklus II siswa yang aktif  sebanyak 7 siswa (78%). 

Kata Kunci: Meningkat; Hasil Belajar Siswa; Model Group Investigation (GI)


Full Text:

PDF

References


Budimansyah. 2004. Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok.

Fathurrahman dan Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: refika Aditama.

FIP-UPI. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imtima.

Krisdaning. 2012. Karakteristik Anak Usia Sekolah Dasar. http://krisdaning 217.blogspot. com/2012/04/karakteristik-anak-usia-sekolah-dasar.html [28 Oktober 2014]

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Memperaktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

______. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Widi Winarni, Endang. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Widya, Evi. 2010. Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. http://evie4210.blogspot. com


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats