Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Problem Based Learning

Herlina Endah Kurniasih(1*), Musfirah Musfirah(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD Negeri 1 Besani Kabupaten Wonosobo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Besani. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 12 orang. Pemerolehan data berasal dari lembar hasil belajar siswa dan data observasi. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang diterapkan dalam 2 siklus dimana pada siklus I menunjukkan nilai terendah 36.50 dan nilai tertinggi 85.50. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 40.50 dan nilai tertinggi 95.50. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 66.67% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 83.33%. Adapun hasil penelitian ini adalah dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Besani. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Akmalia.(2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Numbered Heads Togeteher untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Skripsi.Bandung.Universitas Pasundan. Diakses Pada Desember 2021

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang.

Eggen, Paul & Kauchak,Don. (2012).Strategi dam Model Pembelajaran Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Maulana,A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1.

Hosnan.(2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurdin, S., & Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Putra, R,M. (2018). Pengaruh model PBL terhadap hasil belajar tematik siswa di SD Negeri 21 Kerinci. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No.2, pp. 178-190.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Riyanto.(2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz Media

Sanjaya, W.(2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 4 ayat (4)

Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 768 times | PDF view : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats