Peningkatan Keterampilan Menulis Informasi dengan Model Concept Sentence Kelas 6 UPTD SPF SDN Kalinyamat Wetan 1

Desy Mawardhany(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Muhammad Dahlan(3),

(1) SD Negeri Kalinyamat Wetan 1 Kota Tegal
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Kaccia Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Latar belakang penelitian adalah aktivitas pembelajaran bahasa Indonesia masih bersifat teacher centered dan keterampilan menulis informasi yang dicapai kurang maksimal. Guru harus melakukan identifikasi masalah pada pembelajarannya, sehingga guru dapat menemukan penyebabnya. Kekurang tepatan model pembelajaran merupakan salah satu penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis informasi melalui concept sentence materi teks eksplanasi siswa kelas VI. Penelitian tindakan kelas ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Kalinyamat Wetan 1, Kota Tegal yang terdiri dari 34 siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 70.  Pada awal pra silkus, 26 siswa (76.47 %) bernilai belum tuntas dan 8 siswa (23.53%) bernilai tuntas. Nilai rata- rata secara klasikal pada tes awal 61.18, pada siklus I naik 11.61 menjadi 72.79 dan pada siklus II naik 13.45 menjadi 86.24. Sedangkan persentase siswa yang tuntas belajar pada tes awal 29.41%, pada siklus I naik 35.30% menjadi 64.71% dan pada siklus II naik 35.29% menjadi 100 %. Hasil penelitian menggunakan model concept sentence menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model concept sentence dapat meningkatkan ketrampilan menulis informasi peserta didik pada materi teks eksplanasi. 

Kata Kunci: Concept Sentence; Menulis Informasi Penting; Teks Eksplanasi.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017).Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press

Arikunto, Suharsini, (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Bumi Aksara

Gunansyah, (2006). Http://Www.Gunansyah.Web.Id/4r/2006/09/13/Sama-SamaBelajar-Menulis-Karya-Tulis-Ilmiah. Diakses Tanggal 5 Oktober 2021

Huda, Miftahul.(2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu –Isu Metodis dan Paradigmatis.Yogyakarta:Pustaka Belajar

Iskandarwassid & H. Dadang Sunendar. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Isnatun, Siti dan Umi Farida. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor : Yudhistira

Khasanah, Lutfiatul, (2016). Keefektifan Model Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV SD Gugus Nusa Mayong Jepara. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Novitasari Lagur,Martha. (2016). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Turi, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta : PBSI, JPBS, FKIP, USD. (skripsi) Universitas Sanata Dharma

Saleh, (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah Dasar.Jakarta: Depdiknas.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kharisma Putra Utama.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.


Article Metrics

Abstract view : 221 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats