Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas III UPT SPF SD Inpres Tamamaung II

Luvick Eliana(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Abdul Rahim(3),

(1) SD Inpres Tamamaung II Kota Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Maccini Sombala Kota Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidak aktifan peserta didik, dan respon peserta didik yang kurang terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dimana fokus yang diteliti adalah model pembelajaran yang digunakan yaitu model Problem Based Learning (PBL). Setting dan subjek penelitian dilakukan di kelas III sebanyak 28 orang peserta didik di UPT SPF SD Inpres Tamamaung II. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Melihat hasil observasi, penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III UPT SPF SD Inpres Tamamaung II. 

Kata kunci: Problem Based Learning; Aktivitas dan hasil belajar; UPT SPF SD Inpres Tamamaung II


Full Text:

PDF

References


Awalia, F, Hadist. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/258173-penerapan-model-pembelajaran-problem-bas-febb1ec3.pdf

Mc Taggart, R. (1995). Action research: a short modern history. Victoria: Deakin University Press.

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahapeserta didik (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.

Wulandari, E. (2012). Penerapan Model PBL (Problem based learning) Pada Pembelajaran IPA Peserta didik Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen,


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats