Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN No 29 Maroanging

Asmawati Asmawati(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Sarinikmah Sarinikmah(3),

(1) SD Negeri 29 Maroanging
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Kompleks IKIP 1 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN NO 29 Maroanging melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan metode Saintific. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai observer dan peneliti dan sebagai pelaksana pembelajaran. Subyek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SDN NO 29 Maroanging sebanyak 25 siswa. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada siswa kelas IV melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Saintific. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda (Multiple Choice) dan uraian (Essay) yang dilakukan pada akhir pertemuan. Tehnik analisis data menggunakan presentase siswa yang tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Saintific dalam pembelajaran IPA dengan cara guru mengorientasi siswa terhadap beberapa masalah dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa sehingga dapat menstimulus siswa untuk berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, kemudian siswa mendiskusikan baik kepada teman kelompoknya maupun bersama guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN NO 29 Maroanging. Hal itu terbukti dengan adanya peningkatan persentase KKM siswa secara klasikal. Pada pra tindakan persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 25%. Pada Siklus I persentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 50% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 25% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II persentase siswa secara klasikal yaitu 90% berarti terjadi peningkatan 40% dari Siklus I dimana persentase tersebut telah capai target yang diinginkan yaitu minimal KKM siswa kelas IV SDN NO 29 Maroanging secara klasikal adalah 75%

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsinmi, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud. 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia.

Widiarto, Tri, dan Sunardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Ilmu Pengetahuan Sosial. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Wisudawati, A. D. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats