Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Yesi Nirmala Dewi(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Abdul Rahim(3),

(1) SD Negeri Sukahening
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.29492

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran dan kurangnya perhatian siswa terhadap kegiatan pembelajaran disebabkan model pembelajaran yang digunakan belum tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS materi Pentingnya Persatuan Dalam Keberagaman melalui model Problem based learning (PBL) pada SD Negeri Sukahening. Pada tahap pra tindakan, tahap tindakan dan tahap evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri Sukahening yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2020/2021 dan sampelnya ditetapkan semua populasi. Datanya adalah hasil tes awal, hasil tes akhir, hasil observasi, hasil catatan lapangan dan hasil wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu mereduksi data, menyajikan data menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu data-data berupa uraian. Hasil penelitian, tes awal dalam penelitian ini memperoleh persentase (32%) pada pra siklus (76%) pada siklus I dan (100%) pada siklus II disimpulkan bahwa penerapan Problem based learning (PBL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sukahening Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya pada materi Pentingnya Persatuan Dalam Keberagama. 

Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar; Pentingnya Persatuan Dalam Keberagaman


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi : Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem

Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.

Kunandar. (2012). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Raja Grafindo Persada : Jakarta

RusmanTrianto. (2012). Model-model Pembelajaran, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Prestasi Pustaka : Jakarta

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.

Trianto. Wina Sanjaya. (2011). Model Pembelajaran Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats