Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas V

Dinar Yan Prima Cita(1*), Muh Faisal(2), Heryanti Alamsyah(3),

(1) SD Negeri Teluk 3 Labuan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Kassi-Kassi
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar agar aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional, dan intelektual, yang pada gilirannya diharapkan memahami interaksi manusia dengan lingkungan pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Teluk 3.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Teluk 3 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Tahun Ajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa pemahaman dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu: pra siklus nilai rata-ratanya 60,63 dengan ketuntasan (42%), siklus I nilai rata-rata 70,83 dengan ketuntasan (67%), dan siklus II nilai rata-rata 82,08 dengan ketuntasan (100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model problem based learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Teluk 3 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang serta model ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran IPS. 

Kata Kunci: Keaktifan Belajar; Siswa SD ; Pembelajaran Berbasis Masalah


Full Text:

PDF

References


Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2 (1).

Anggoro, M. Toha. Dkk.(2006).Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1995) Pedoman Pendidikan Profesional Guru SD.Jakarta: Dikdasmen.

Fathurrohman. M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/KD-Tasikmalaya/Dindin_Abdul_Muiz_Lidinillah_(KD-Tasikmalaya)-197901132005011003/132313548%20-%20dindin%20abdul%20muiz%20lidinillah/Problem% 20Based%20Learning.pdf), diakses 23 November 2021.

Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I.D. K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5 (2).

Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.

Shaputri, W., Marhadi, H., & Antosa, Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 29 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-10


Article Metrics

Abstract view : 584 times | PDF view : 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats