Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Khususnya IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Manggisan 03
(1) SD Negeri Manggisan 03
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Kampus IKIP
(*) Corresponding Author
Abstract
Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Khususnya IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Manggisan 03 Kec. Tanggul kab. Jember Prov. Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah melalui metode inkuiri dan melalui penggunaan media dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SD Negeri Manggisan 03 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV pada semester ganjil 2020/2021 yang berjumlah 2 peserta didik. Perolehan data berasal dari lembar hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan metode inkuiri dan penggunaan media. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana pada siklus 1 menunjukan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 75. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 90. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan persentase peningkatan pada siklus I sebesar 66,3% dan pada siklus II menjadi 79,4% . Dengan demikian sebagai kesimpulan dapat disampaikan bahwa pendekatan metode inkuiri dan menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SD Negeri Manggisan 03 Kecamatan Tanggul kabupaten Jember provinsi Jawa Timur.
Kata kunci: Hasil Belajar; Metode Inkuiri; Media Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Soemanto, wasty. (2003). Psikologo Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta
Aldelfer, C. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam kegiatan pembelajaran. dalam Nashar, H. Jakarta: Delia Press
A.M., Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar. Raja Gravindo Persada: Jakarta
Moh. Haitami Salim dan syamsul Kurniawan, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Arruz Media, (2012)
Daradjat, Zakiah, (2012), Ilmu Pendidikan Islam, Cet. X, Jakarta: bumi Aksara
Anni, Catharina T, dkk. (2006) Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Pres
A. Muri Yusuf. (2014) “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta: prenadamedia group.
Basyiruddin Usman, (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Djiwandono, S.E.W. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2002), h. 1092
Astuti Endang sri, Resminingsih. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan menengah jilid I. (Jakarta: Grasindo, 2010), h.67
Hamalik, Oemar, (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wena, M. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional) Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010), h.2
Brownlee M, (1987). Pengambolan keputusan Etnis dan factor-faktor di Dalamnya. BPK Gunung Mulia
Article Metrics
Abstract view : 66 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats