Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Kalimat Sederhana Dengan Menggunakan Media Grafis Berbantuan Whatsapp Grup di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas 1 SD Inpres Pakkingkingang
(1) SD Inpres Pakkingkingang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 373 Laelo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.29479
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca nyaring kalimat sederhana pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui media grafis Berbantuan Whatssapp Grup pada siswa kelas 1 di SD Inpres Pakkingkingang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 di SD Inpres Pakkingkingang yang berjumlah 21 siswa Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi untuk mengukur efektifitas penggunaan media grafis dalam pembelajaran. Pada kondisi awal, kemampuan membaca siswa dikategorikan rendah yang ditunjukkan dengan rata-rata kelas yang hanya mencapai nilai 65,33 dan hanya 53,33% yang tuntas, Setelah pelaksanaan tindakan (siklus 1), kemampuan membaca siswa meningkat dengan nilai rata-rata ulangan siswa 72,67 dan persentase keberhasilan 73,33%. Namun, keberhasilan tersebut masih dibawah target pencapaian yang ditetapkan. Selanjutnya pada pelaksanaan tindakan (siklus 2), terjadi peningkatan dengan rata-rata ulangan dengan nilai 80,33 dan persentase 90% melampaui target pencapaian yang ditetapkan yaitu 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media grafis kemampuan membaca nyaring siswa kelas 1 SD Inpres Pakkingkingang dapat meningkat.
Kata kunci: Membaca Nyaring; Media Grafis; Whatssapp Grup
Full Text:
PDFReferences
Amin, Moh. (2011) .Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas.Grobogan:Inspirasi
Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta:Aditya Media Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan sekolah. Yogyakarta:Gava Media
Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kelas I s.d. Kelas VI Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.Jakarta: Depdiknas
Djamarah, Bahri Syaiful, Zain Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkambangan (Perkambangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.
Kunandar, (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Grafindo Persada.
Muhidin, Sambas Ali dan Maman Abdurahman. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Article Metrics
Abstract view : 208 times | PDF view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats