Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Kalimat Sederhana Dengan Menggunakan Media Grafis Berbantuan Whatsapp Grup di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas 1 SD Inpres Pakkingkingang

Rafiuddin Rafiuddin(1*), Ila Israwaty(2), Asriani Arifuddin(3),

(1) SD Inpres Pakkingkingang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 373 Laelo
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca nyaring kalimat sederhana pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui media grafis Berbantuan Whatssapp Grup pada siswa kelas 1 di SD Inpres Pakkingkingang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 di SD Inpres Pakkingkingang yang berjumlah 21 siswa Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi untuk mengukur efektifitas penggunaan media grafis dalam pembelajaran. Pada kondisi awal, kemampuan membaca siswa dikategorikan rendah yang ditunjukkan dengan rata-rata kelas yang hanya mencapai nilai 65,33 dan hanya 53,33% yang tuntas, Setelah pelaksanaan tindakan (siklus 1), kemampuan membaca siswa meningkat dengan nilai rata-rata ulangan siswa 72,67 dan persentase keberhasilan 73,33%. Namun, keberhasilan tersebut masih dibawah target pencapaian yang ditetapkan. Selanjutnya pada pelaksanaan tindakan (siklus 2), terjadi peningkatan dengan rata-rata ulangan dengan nilai 80,33 dan persentase 90% melampaui target pencapaian yang ditetapkan yaitu 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media grafis kemampuan membaca nyaring siswa kelas 1 SD Inpres Pakkingkingang dapat meningkat. 

Kata kunci:  Membaca Nyaring; Media Grafis; Whatssapp Grup


Full Text:

PDF

References


Amin, Moh. (2011) .Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas.Grobogan:Inspirasi

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta:Aditya Media Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan sekolah. Yogyakarta:Gava Media

Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kelas I s.d. Kelas VI Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.Jakarta: Depdiknas

Djamarah, Bahri Syaiful, Zain Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkambangan (Perkambangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Kunandar, (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Grafindo Persada.

Muhidin, Sambas Ali dan Maman Abdurahman. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats